Penanaman Aqidah Sejak Dini

Ayah
Ayah, Mereka adalah Tanggungjawabmu
September 9, 2021

Penanaman Aqidah Sejak Dini

ibadah

Ajarkan ibadah sejak kecil

SAGALIFESCHOOL.COM – Aqidah adalah hal paling utama, fondasi bagi seorang muslim. Hal itu pula yang pertama ditanamkan di Saga Lifeschool. Karena agama adalah pijakan awal sebelum mereka melangkah meraih hal lain di dunia ini.

Fitrah keimanan adalah sebuah potensi yang telah terinstal dalam diri manusia, yang ditahbiskan melalui kesaksian bahwa Allah sebagai Robb (kholiqon, roziqon, malikan). Kesaksian yang dilakukan dalam alam rahim sebagaimana difirmankan dalam surat Al A’raf ayat 172.

Fitrah keimanan berelasi dengan sistem hidup yaitu agama yang fitri dan keduanya akan mengkontruksi akhlakul karimah atau karakter moral sebagai bekal hidup. Tugas para Ayah Bunda untuk menanamkan keimanan pada anak sejak dini. Hal ini seperti yang telah disampaikan oleh Luqman pada anaknya:

“Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kedzaliman yang besar.” (QS. Luqman:13).

Usia 0-7 tahun merupakan masa emas dimana fitrah keimanan dapat mulai ditumbuhkan. Secara fitrah perkembangan, usia 0-7 tahun adalah masa dimana imajinasi dan abstraksi anak berada pada puncaknya, alam bawah sadar masih terbuka lebar, sehingga imaji tentang Allah, tentang Rasulullah, tentang kebajikan, tentang ciptaanNya akan mudah dibangkitkan pada usia ini.

Fitrah iman ini dikembangkan bukan dengan doktrinasi maupun formalitas kognitif, tetapi melalui imaji positif dan indah, misalnya melalui kisah inspiratif tentang gairah kemuliaan budi pekerti, semangat kepahlawanan, semangat persaudaraan antar manusia, akhlak Rasulullah SAW dan para sahabatnya, dan seterusnya.

Tanamkan hal terbaik, ajarkan pelajaran terbaik, agar anak-anak kita menjadi generasi terbaik. Generasi terbaik tentu dilahirkan dari pendidikan yang terbaik dan tak pernah berhenti, terus dilakukan, berulang-dan berulang. Atmosfer kesalihan yaitu menciptakan atmosfer kebaikan, kecintaan, keridhaan di rumah.

Anak di bawah 7 tahun sebaiknya diutamakan untuk mencintai agamanya daripada mempelajari agamanya. Keteladanan yaitu membangun keteladanan dari hal yang paling sederhana, misalnya mimik wajah, penguatan moral dengan sikap, kisah keteladanan melalui dongeng dan dukungan penuh pada gairah kebaikan dan seterusnya.

Hal yang bisa dilakukan antara lain:
a. Membacakan kisah bersastra baik yang berkesan mendalam, seperti kisah indahnya akhlak Rasulullah SAW dan para Sahabatnya, kisah indahnya surga, indahnya al qur’an. Hindari kisah yang mengandung kengerian neraka, perang, dajjal, akhir zaman.

b. Wajah berseri ataupun memeluk setiap azan berkumandang. Tidak memaksa untuk tertib gerakan, tertib bacaan, tertib waktu shalat, tetapi tumbuhkan gairah cintanya kepada Allah dan keindahan sholatnya.

c. Kenalkan Allah pada setiap momen. Kontekskan setiap peristiwa kepada sifat Robb Allah (pencipta, pemberi rizki, pengabul doa, pelindung, pemelihara).

Lakukan mulai dari yang sedikit namun tak berhenti, berkesinambungan, istiqomah, agar mereka senantiasa terbiasa dan tak lelah nantinya saat menjalankan ibadah.

Dari Sufyan bin Abdullâh ats-Tsaqafi, ia berkata: Aku berkata, “Wahai Rasûlullâh, katakan kepadaku di dalam Islam satu perkataan yang aku tidak akan bertanya kepada seorangpun setelah Anda!” Beliau menjawab: “Katakanlah, ‘aku beriman’, lalu istiqomahlah”. [HR Muslim, no. 38; Ahmad 3/413; Tirmidzi, no. 2410; Ibnu Majah, no. 3972].

———————————
Sekolah Alam SAGA Lifeschool

Facebook : Sekolah Alam Saga Lifeschool
Instagram : Saga Lifeschool
Jl Raya Perjuangan Kav. Taman Wisma Asri RT. 002/001 Teluk Pucung Bekasi Utara.

Telp. (021) 8889-8557
Whatsapp : 0811-866-7282
email: info@sagalifeschool.com